You're always there for me. I Love U.

Saturday, October 18, 2014

Pengalaman Pertama Belanja di Tokopedia

Masih dalam rangka 'penghematan listrik', saya memutuskan untuk mulai melakukan penggantian peralatan listrik di rumah. Untuk tahap awal, saya beli lampu LED saja dulu, yang lainnya sedikit demi sedikit dan setahap demi setahap akan dilengkapi.

Karena penasaran dengan belanja di Tokopedia yang terbilang lebih murah dari tempat lain (banyak seller menawarkan barang dengan harga yang cukup murah), saya pun ambil keputusan untuk memulai dengan beli lampu LED di sana. Karena banyak seller, otomatis pula banyak pilihan. Tadinya saya mau beli yang sudah terkenal atau istilahnya ber-merk, tapi tidak jadi karena ternyata ada toko yang ngerakit sendiri. Saya pilih toko itu saja (maaf, untuk nama toko tidak saya sebutkan ya).

Untuk mempercepat proses transaksi, saya gunakan KlikPay (BCA). Dengan begitu, pembayaran bisa otomatis tanpa perlu konfirmasi lagi. Biaya yang tertera di invoice adalah yang kita bayar di KlikPay, jadi tidak ada biaya tambahan. Notifikasi proses transaksi bisa dipantau lewat email juga, jika malas untuk login ke member area Tokopedia.

Proses Transaksi Lewat Tokopedia
Saya harap maklum saja sama sellernya, barangkali lagi banyak order sehingga baru bisa diproses setelah satu hari lebih. Terlihat di gambar, System-Tracker: Kode resi pengiriman tidak valid, itu artinya resi belum diinput ke sistem punya kurir (jadi tidak usah kawatir, itu pass tadi nyoba cek status pengiriman saja).

Selanjutnya, tinggal menunggu pesanan nyampai ke rumah.

Tips:
Sepertinya masih belum saatnya ngasih tips berbelanja di Tokopedia, nanti saja kalau sudah sering berbelanja baru saya share.

14 comments:

  1. Tapi yg ada tulisan system tracker bisa sampai kan barangnya dan uangnya akan dikirim ke penjual??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, belanja menggunakan pihak ke-3 (toped) bisa dibilang aman, barang nyampe uang pun lancar masuk ke akun penjual. Hanya saja, yang bikin kesal biasanya ketemu seller yang responnya lambat (bisa buang-buang waktu jadinya).

      Delete
  2. Saya kirim dari tgl 14 kemaren.. setiap saya cek status pengiriman sllu kode resi valid.
    Kira2 sbner nya sudh smpai blm si dan uang nya bsa ttp cair ke rek penjual kan.
    Baru kali ini bgni.
    Tolong dibantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau resi yg dicek sudah berstatus sampai ke tangan pembeli, tinggal si pembeli yg melakukan konfirmasi kalo barang sudah nyampe ke tangannya. Namun, jika si pembeli lambat mengkonfirmasi, maka nanti sistem yg akan melakukan secara otomatis (dlm jangka waktu berapa hari lupa saya).

      Selama ini masih aman bro, dan uang tetap akan cair ke akun kita.

      Delete
  3. Wach sama seperti saya juga....kmaren beli pb tulisanny perjalanan kurir...sekarang tulisan system tracker...nnti brang nyampe tidak ke kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggk apa2, 'perjalanan kurir' terjemahan ke bahasa indonesianya aja barangkali.

      Delete
  4. Gan numpang tanya, ini saya beli jam tangan di tokopedia sejak tgl 20,
    Status seller nya udah proses, resinya ada barang juga sudah diantar kurir, setelah itu nomor resinya diganti oleh seller, itu gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seller nakal itu gan, cukup sekali aja belanja di seller yang begitu.

      Delete
    2. Seharua nya jgn lgsg judge nakal bos..itu kadang seller salah input resi atau ketukar tapi barang udah dikirim..soal ny saya perna ganti resi karena ketukar.. yg penting sudah tanhgung jawab ngirim barang ny...

      Delete
    3. Ok lah, klo gitu ganti aja, bukan nakal tapi teledor.

      Delete
  5. Gan maksud dari tracking valid itu apa gan?

    ReplyDelete
  6. Gan maksud dari system tracker apa ya?

    ReplyDelete
  7. Gan maksud dari system tracker apa ya?

    ReplyDelete
  8. sejauh pengalaman ane sih belanja lwt tokopedia sama lazada lancar-lancar aja. kalo ke lazada, pengirimannya yg bagus tapi kalo tuk soal tanya dlu sblm membeli memang jauh lebih lambat respon dijawabnya. kalo ke tokopedia pengirimananya trgantung si penjual cepat atau lambatnya, kalo soal tanya jawab sblm membeli jauh labih enak karna langsung tanya si penjual, dan ane lebih utamain cari penjual yg deket dari skitar ane. kalo soal pembayarannya lazada bisa jauh lebih mahal karna ongkirnya kadang yg cukup besar. sorry curcol dikit pengalaman belanja. thnx

    ReplyDelete