You're always there for me. I Love U.

Sunday, May 17, 2015

Sudah Berhenti Menggunakan Gretongan Net

Dulu, ketika internet masih benar-benar mahal karena tarif dihitung per KB (Kilo Byte), nyari trik internet gratisan (atau lebih dikenal dengan gretongan) telah menjadi rutinitas setiap hari. Alhasil, berinternet serasa bebas sebebas bebasnya karena tidak kuatir kuota habis kantong terkuras. Hampir setiap kali operator melakukan patch pada sistem mereka, akan muncul kembali 'hole' lain yang bisa dimanfaatkan sebagai jalan tikus.

Haha! Itu dulu ya! Sekarang sudah tua, koneksi internet juga sudah lumayan tersedia. Kebutuhan online juga sudah tidak seperti dulu. Download file-file paus juga sudah jarang. Nonton streaming? Ah, itu sama sekali sudah sangat jarang saya lakoni. Sekarang sudah beda, tujuan dan arah penggunaan internet saya sepertinya hanya sebatas untuk mencari informasi, berbagi informasi, dan bersosialisasi (via facebook dan forum).

Nah, dari keperluan yang sudah beda jauh inilah, keperluan untuk mencari atau mendapatkan trik internet gratisan sudah tidak terbesit lagi di hati kecil saya. Lagi pula sudah ada kalimat sakti yang menghalangi saya ketika suatu saat terpikir tentang gretongan:
"Jangan pake koneksi internet yang bukan hak mu, nanti berbagi ilmunya jadi tidak berkah".
Tidak saya sangka sebelumnya, kalimat sederhana yang terlontar dari seorang member group OpenWrt Indonesia di FB ini telah membuat saya gelisah saja. Kalimat ini benar-benar ampuh sehingga bisa menghalangi niat saya untuk kembali bergretongan ria. Mudah-mudahan, walaupun dengan koneksi internet seadanya ini saya tetap bisa berbagi informasi dengan teman-teman.

No comments:

Post a Comment