You're always there for me. I Love U.

Monday, July 27, 2015

Penambahan Panel Surya 20WP

Masih lekat diingatan saya bagaimana tagihan PLN beberapa waktu silam cukup mengagetkan buat saya dan istri. Tapi, alhamdulillah hal tersebut bisa saya sikapi dengan positif. Alhasil, dari situlah mulai tekad saya untuk menggunakan energi gratisan yang dipancarkan oleh sang surya setiap hari (secara kita ini berada di daerah tropis yang tidak kekurangan sinar matahari). Ya, setidaknya saya berusaha untuk memanfaatkan energi tersebut untuk penerangan di malam hari. Pelan-pelan saja!

Alhamdulillah, hari ini saya tambahkan lagi 2 panel surya 20WP sehingga totalnya menjadi 3 panel surya. Hanya saja, karena baterainya masih pake baterai UPS, maka untuk penggunaan saat ini memang hanya sebatas pada lampu (LED DC). Power inverter juga masih belum saya beli, dan kemungkinan itu masih bertahap dan tidak dalam waktu dekat ini. Selain disebabkan oleh tagihan yang wow!!! itu, PLN yang supplynya 'katanya' kurang juga menjadi alasan utama saya, apalagi beberapa waktu lalu pemadaman sudah tidak teratur dan terjadwal.

Saya ingin membalik paradigma penggunaan solar panel yang selama ini hanya sebatas backup listrik PLN. Maunya saya, panel surya jadi sumber listrik utama di rumah khususnya untuk penerangan. Jadi, untuk lampu sampai saat ini sudah saya install beberapa dan rencana saya dengan pengecasan di siang hari maka malam sudah bisa digunakan untuk lampu. Khusus untuk peralatan yang lainnya baru pake listrik PLN.




Segitu dulu. Lain waktu diupdate lagi perkembangannya.

9 comments:

  1. skalian nante' hasel karyanye dijuol ke PLN.... eeehh.... juol ke urank PLN jak dolo'.... hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... Maseh sikkit wattnye tok bong. ^_^

      Delete
  2. Saddang juak LED DC narangek rumah waktu PLN coid mok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ye di lah, sementare pakai iye dolok, lumayanlah. Dudi ari nunggu ade modal boleh lah nambah AKI 10HR tokkan ngidupkan tv. ^_^

      Delete
  3. Mali di mone panel ngan solar chargernye? Berope ragenye?

    ReplyDelete
  4. Mali di mone panel ngan solar chargernye? Berope ragenye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^_^ Waktu iye ballinye kebatolan pas ade promo voucher Tokopedia, ade biak jual lumayan murah dibanding yg laing. Lokasi seller di Jakarta bang.

      Solar panel ndak salah per panel 250rb, solar chargernye 115rb (blom ongkir).

      Delete
  5. Saya saja pakai mesin disel mas... 1 malam 5 liter habis solarnya, belum sperpart dan olinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, klo segitu nggk mampu saya bro.

      Dulu pernah kepikiran juga mau beli genset tapi dipikir lagi karena tinggal di perumahan gini kasian juga tetangga. Akhirnya milih solar panel, kebetulan pula pas momentnya dgn keadaan kantong waktu itu.

      Sekarang rencananya mau nambah 1 panel lagi biar nanti untuk lampu 2 panel, sedangkan 2 panel lagi rencananya buat router di rumah.

      Delete