You're always there for me. I Love U.

Friday, January 9, 2015

Koneksi Internet Tidak Lebih Baik

Sudah sepuluh tahun sejak era mobile internet dimulai di Kabupaten Sambas dengan masuknya operator GSM dengan tawaran koneksi internet yang bervariasi dari yang termurah sampai yang termahal. Namun, bertambahnya layanan tersebut tidak diiringi dengan membaiknya koneksi internet yang digunakan. Bahkan, bisa dikatakan jalan di tempat.

Speed internet setelah Fair Usage XL Unlimited
Coba perhatikan "Qos down" pada screenshot di atas. Itu tertulis 64 dalam satuan kb alias kilobit yang jika dikonversi ke byte maka bisa jadi cuma maksimal 8 kilobyte saja. Dengan speed seperti itu bisa apa saja? Streaming? Hah!!! Mau buka satu halaman website saja sudah sedemikian beratnya, apalagi kalo mau dipake buat streaming. Itu udah di jalur HSDPA lho.

Ukuran segitu tidak jauh beda dengan koneksi yang ditawarkan di awal sepuluh tahun silam. Koneksi yang pada waktu itu masih di GPRS. Bedanya hanya di harga dan paket saja, tapi kualitas koneksi masih segitu-gitu saja. Paling setelah menikmati speed HSDPA untuk beberapa GB, maka speed akan turun tajam hingga mendekati batas 'tidak bisa konek'. Lebih parah lagi Telkomsel sih, yang setelah lewat batas kuota pemakaian unlimitednya speed Qos down diturunkan jadi 16 kbps alias 2 Kilobyte.

Tapi sudahlah, barangkali sudah nasib wilayah di pinggiran NKRI, "tidak perlu" koneksi yang mewah alias wuzz wuzz. Lagi pula pak menteri dulu pernah bilang kok, koneksi internet cepat juga buat apa. Syukuri apa adanya, yang penting masih bisa konek walau selambat siput sekalipun.

No comments:

Post a Comment