You're always there for me. I Love U.

Thursday, February 25, 2021

Buruknya Kinerja J&T Sambas (Saya Alami Sendiri)

Berawal dari keisengan saya juga sih ingin nyoba bagaimana kualitas pelayanan J&T yang selama ini hanya saya dengar dari teman-teman lain kalau pelayanan mereka "luar biasa buruk". Untuk itu, saya order saja barang dari tempat yang dekat lewat Shopee, kan ada diskon itu kalau menggunakan J&T. Nah, ordernya juga jangan yang mahal-mahal, pas juga lagi perlu barang yang murah sih. Order lah saya pada tanggal 24 Februari 2021 enam jenis barang dengan total Rp 48.397,- dan barang pun dikirim pada hari itu juga via J&T.

Seperti kebiasaan saya selama ini, setiap proses pengiriman akan saya pantau terus. Nah, pada hari ini tanggal 25 Februari 2021, barang sudah tiba di Sambas dan akan dikirim ke rumah saya. Saya pun "tunggu-tungguan", saya pikir sore sudah berada di tangan saya. Ternyata barang tidak juga diantar ke rumah. Nah, tiba-tiba saja menjelang Isyaa' itu paketan katanya telah diterima oleh [Ez][Asisten] (notif masuk ke email saya dan tentunya juga di akun Shopee saya), padahal paketan belum saya terima sama sekali (belum diantar).

Karena baru kali ini mengalami hal seperti ini, maka saya agak sedikit kaget sekaligus mengiyakan apa selama ini dibilang oleh teman-teman saya. Selidik punya selidik, ternyata memang sudah jadi kebiasaan J&T Sambas melakukan hal seperti ini, dan kali ini juga saya alami sendiri.

Hahaha, ya sudah lah, setidaknya dengan kejadian ini saya sudah percaya kalau jeleknya pelayanan J&T Sambas itu bukan fitnah semata. Saya tidak begitu tau untuk daerah-daerah lain (di Kabupaten Sambas ini), hanya saja kabarnya kalau untuk daerah Sekura malah bagus pelayanan J&T nya (mungkin lain waktu saya coba order menggunakan alamat saya di kampung).

Update 27 Februari 2021:

Pukul 09.00 WIB:

Komplain ke J&T pusat sepertinya buang-buang waktu saja. Sampai hari ini tetap saja paketan belum saya terima.


Pukul 11.00 WIB:

Alhamdulillah, ada saudara saya yang sedang menuju ke Sambas kota (melewati kantor J&T Sambas), jadi paketan diambilkan sekalian.


Kesan yang saya rasakan:

Akal-akalan J&T Sambas saja supaya pelanggan mengambil langsung paketan ke kantornya, padahal hak pelanggan adalah paketan diantar ke rumah pelanggan (bukan diambil sendiri ke kantor J&T Sambas). Hak pelanggan yang tidak ditunaikan oleh pihak J&T Sambas, artinya itu akan jadi utang mereka ke pelanggan.

Kesimpulan:

J&T Sambas tidak mengantar paketan ke rumah, tetapi pelanggan lah yang harus menjemput sendiri ke kantornya. Entah kalau menggunakan fitur COD, ehhhh sama aja ding.

Sepertinya kualitas pelayanan tidak akan berubah menjadi baik, malah tambah buruk. Ingin lihat komplain liannya? Silakan menuju link Google maps berikut:

https://goo.gl/maps/8Tb111J5uPAb5cMX9